Minggu, 29 Juli 2018

Masih Pegang Buku Nikah, Beranak Cucu, Tinggal Serumah Tapi Sudah Bercerai

Kali ini kami akan membahas masalah yang sebenarnya banyak dialami oleh pasangan menikah yang meskipun sebagian menyadari tetapi tidak pernah diungkap, hanya disimpan dalam hati, yaitu pasangan yang masih terikat hubungan pernikahan secara resmi dan masih memiliki buku nikah akan tetapi, entah merasa atau tidak, sudah bercerai secara agama.

pasangan kawin siri

Pengertian Cerai Dalam Syariah

Cerai dalam islam terjadi ketika suami secara jelas maupun tersirat, langsung maupun tidak langsung mengucapkan kata talak atau cerai kepada istrinya. Sebagai contoh ucapan "Saya cerai kamu" adalah ucapan cerai secara langsung, dan ucapan "saya kembalikan kamu kepadda orang tuamu", dan "mulai saat ini kita urus hidup kita masing-masing" adalah kalimat cerai yang tersirat.

Adapun mengenai cerai bersyarat adalah cerai atau talak yang jatuh ketika syarat yang disebutkan oleh suaminya terpenuhi. Contohnya "Kalau kamu sekali lagi keluar malam tanpa izin, saya cerai kamu". Ketika sang istri keluar malam tanpa izin maka terpenuhilah syarat itu dan mereka bercerai.

Kami tidak ingin membahas dalil dan pendapat dari ketiga jenis cerai tersebut diatas, akan tetapi silahkan pembaca mencari informasi di jagad maya artikel yang secara khusus membahas hal tersebut.

Kalimat Cerai Main-Main Atau Serius Hukumnya Tetap Sah

Sama halnya dengan pernikahan yang jika terpenuhi syarat dan rukunnya ucapan ijab qobul sah meskipun itu hanya main-main atau bercanda, perceraian juga dapat terjadi meskipun diucapkan sambil lalu. Dan tidak ada satupun hukum Islam yang mengatakan pasangan belum bercerai kalau masih memiliki buku nikah atau surat kawin siri.

Masih Memiliki Buku Nikah Tetapi Sudah Bercerai Secara Syariah

Hal ini umumnya terjadi pada pasangan yang semasa muda sering bertengkar. Istri mudah mengucap minta cerai sementara sang suami mudah mengucap kata cerai atau sejenisnya. Meskipun setelah bertengkar mereka berbaikan kembali, jika hal tersebut terulang lebih dari dua kali dikhawatirkan sebenarnya secara agama sudah bercerai meskipun mereka masing-masing masih memiliki buku nikah. Jadi haram hukumnya jika mereka melakukan hubungan suami-istri.

Bagaimana Solusinya Jika Anda Mengalami Hal Demikian ?

Untuk masalah ini kami tidak memiliki solusi apapun apabila pasangan sudah 3x bahkan mungkin lebih mengucap cerai lalu berbaikan kembali. Sekali lagi tidak ada solusi apapun karena mereka sebenarnya sudah talak tiga.

Akan tetapi jika baru 1 atau 2 kali terjadi, kami hanya dapat menasihatkan kepada suami untuk berhati-hati menjaga lidahnya agar tidak mengucapkan kata cerai. Sebaliknya sang istri juga bisa lebih menahan diri untuk tidak memancing suami mengucapkan kata cerai.

Apakah Boleh Nikah Siri Kalau Sudah Bercerai Agama Tapi Masih Terikat Pernikahan Negara

Yang pertama : kalau yang dimaksudkan adalah upaya melakukan siasat untuk menikah ulang sementara sudah 3x atau lebih mengucap talak, maka kami katakan bahwa hal tersebut tidak boleh dilakukan. Pernikahan ulang adalah sia-sia kecuali mantan istri sudah menikah lagi dengan lelaki lain.

Yang kedua : apabila yang dimaksud adalah sang wanita ingin menikah lagi dengan lelaki lain tetapi masih tinggal serumah dengan mantan suaminya dengan maksud agar kemudian bisa bercerai dari suami barunya dan kembali menikah dengan (mantan) suaminya maka penghulu nikah siri tidak bersedia menikahkan karena upaya mereka adalah nikah bohong-bohongan saja dan keduanya sama-sama berdosa.

Yang ketiga : apabila yang dimaksud adalah sang wanita ingin menikah lagi dengan lelaki lain tetapi masih tinggal serumah dengan mantan suaminya penghulu kawin siri tidak akan bersedia menikahkan keduanya.

Demikian yang dapat kami sampaikan, lebih kurangnya kami mohon maaf. Jika membutuhkan jasa penghulu nikah siri silahkan untuk menghubungi kami. Wassalammualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh